Visi Pogram Studi Magister Pendidikan Matematika
Pada tahun 2026, Program Studi Magister Pendidikan Matematika menjadi program studi magister yang unggul dan tanggap terhadap perkembangan IPTEKS serta mampu menghasilkan pendidik matematika yang dapat bersaing di pasar nasional dan internasional.
Misi Program Studi Magister Pendidikan Matematika
- Menyelenggarakan dan mengembangkan perkuliahan pendidikan matematika yang berkualitas
- Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian pendidikan dan pembelajaran matematika yang terkini dan tepat guna
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan penelitian yang tepat guna dalam pelayanan pembelajaran matematika.
- Mengembangkan pembelajaran matematika yang aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan.
- Menghasilkan pendidik matematika yang berkualitas dan profesional.
- Menjadikan Program Studi Magister Pendidikan Matematika sebagai mitra pemerintah dan swasta dalam mengembangkan pendidikan matematika di Wilayah Papua.
Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Matematika
- Memperkukuh upaya pembangunan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berkualitas dan profesional melalui kegiatan penelitian
- Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan professional.
- Menciptakan suasana akademik yang sehat guna mendukung penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi berdasarkan nilai-nilai moral, dan kemanusiaan yang berintikan pada wawasan kebangsaan dan kebudayaan nasional.
- Menyiapkan para mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika menjadi tenaga pendidik matematika yang berkualitas, profesional dan berintegrasi kepribadian yang tinggi.
- Menyiapkan lulusan Program Studi Magister Pendidikan Matematika menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesi yang dapat menerapkan, mengembangkan, menciptakan dan/atau menentukan temuan-temuan baru dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
- Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan kualitas kepuasan pengguna lulusan.
Strategi pencapaian visi, misi dan tujuan
No | Kegiatan | Keterangan |
1 | Pendidikan | Menghasilkan lulusan yang unggul (berkualitas dan profesional) di bidang pendidikan matematika |
2 | Penelitian | Menghasilkan penelitian yang tepat guna di bidang pendidikan matematika |
3 | Pengabdian Kepada Masyarakat | Menghasilkan PkM kolaboratif bersama stakeholder guna menjawab perkembangan pendidikan matematika |
4 | Kerjasama | Membangun kerjasama dengan berbagai stakeholder guna menjawab kebutuhan sumber daya manusia di bidang pendidikan matematika |
Strategi pengembangan dan peningkatan menuju 2035.
Target | 2020-2023 | 2024-2027 | 2025- 2029 | 2030 - 2035 | |||
Terlaksana Strategi Pengem-bangan program studi | 1 | Penataan pengelolaan prodi agar tercipta atmosfir akademik yang kondusif | Pengembangan sistem pengelolaan prodi agar tercipta atmosfir akademik yang kondusif | Pemantapan tata kelola prodi yang berkulaitas prodi agar atmosfir akademik semakin kondusif | Peningkatan kreatiavitas dan inovasi pengelolaan prodi yang kondusif untuk memberikan pelayanan yang unggul | ||
2 | Penyediaan SDM: (dosen dan tendik) berdasarkan hasil analisis kebutuhan | Optimalisasi kinerja SDM: (dosen dan tendik) | Peningkatan daya saing SDM (dosen dan tendik) | Peningkatan kinerja , daya saing dan inovasi SDM: (dosen dan tendik) yang berdaya saing internasional | |||
3 | Penyediaan prasarana dan sarana untuk penyelenggara-an tridharma perguruan tinggi | Pengembangan prasarana dan sarana untuk penyelenggara-an tridharma perguruan tinggi | Pengembang-an kuantitas dan kualitas prasarana dan sarana untuk penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi | Pengembang-an kuantitas dan kualitas prasarana dan sarana untuk penyelenggara-an tridharma perguruan tinggi | |||
5 | Penataan program pembelajaran, penelitian dan PkM agar melebihi SN-DIKTI | Peningkatan dan pengembang-an kualitas program pembelajaran, penelitian dan PkM agar melebihi SN-DIKTI | Peningkatan dan pengembangan kualitas program pembelajaran, penelitian dan PkM yang inovatif agar melebihi SN-DIKTI dan berdaya saing nasional | Peningkatan inovasi pembelajaran, penelitian dan PkM agar melebihi SN-DIKTI dan berdaya saing internasional | |||
6 | Penyediaan sarana teknologi informasi pembelajaran daring. | Pengembangan sarana teknologi informasi dalam pembelajaran daring atau blended learning | Optimalisasi penggunaaan sarana teknologi informasi pembelajaran daring d atau blended learning | Peningkatan dukungan sarana teknologi informasi dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi | |||
7 | Penyusunan perangkat dokumen mutu. | Optimalisasi kinerja Unit Penjaminan Mutu. | Optimalisasi pelaksanaan fungsi dan kinerja Unit Penjaminan Mutu. | Pelaksanaan SPMI secara periodik untuk mendukung pencapaian standar kinerja dan budaya mutu | |||
8 | Pengembangan kerjasama lokal dan nasional. | Optimalisasi kinerja pada kerjasama | Pengembang-an kerjasama lokal dan nasional. serta penjajakan kerjasama internasional | Peningkatan kuantitas dan kualitas kerja internasional |